Sabtu, 25 Oktober 2014

Obsesi Sebuah Impian

        Lama sudah tak ku latih jemari jemariku menyampaikan isi hati melalui pikiran pikiran yang terkadang melintas di kepalaku. Ide idenya sering kali muncul. Tapi entah kenapa terkadang enggan untuk menyampaikan, bahkan hanya menulisnya dalam sebuah kertas. Apa daya ide tersebut kemudian dilupa begitu saja. Kali ini aku tak ingin menyianyiakan lagi. Aku tidak sedang berkarya, bercerita, ataupun berpuisi. Aku ingin mencurahkan isi hati lebih tepatnya.

Sekarang tibalah saatnya aku menduduki kelas XII. Masa dimana Ujian Nasional dan Perguruan Tinggi Negri menjadi momok yang benar benar dipersiapkan sedemikian rupa. Beberapa hari yang lalu kabar baik sedang menghampiri keluargaku, lebih tepatnya kabar gembira untuk kakakku. Alhamdulillah dia diterima di UGM Fakultas Kehutanan. Pada awalnya orang tuaku sudah pasrah. Beberapa pengumuman yang sudah dilangsungkan sebelumnya dalam SNMPTN maupun SBMPTN  tak ada yang membuahkan hasil. Tentu saja hal tersebut membuat ibu dan bapak cemas, aku pun juga. Awalnya aku sempat minder, melihat betapa perjuangan untuk memasuki jenjang perkuliahan memang tidaklah mudah. Prioritas dan hasratku memperjuangkan UGM sebagai universitas impian sempat surut. Sebelumnya kusempatkan  melihat lihat latihan soal SBMPTN maupun UM di kamar kakakku, reaksiku ya datar saja. Masih bingung dengan soal soal tersebut. Ditambah lagi dia anak IPA, sedangkan aku IPS. Tentu sudah beda materinya.

Setelah ibuku memberitahu bahwa kakakku diterima di UGM jujur aku kaget, kaget campur seneng pastinya. Aku bangga !!. Dengan begitu ada jalan dan peluang yang telah dimilikinya untuk menuntut ilmu di perkuliahan nanti. Selain itu, hal tersebut bisa menjadi motivasi yang besar untukku. Aku tak boleh kalah dari saudaraku sendiri. AKU HARUS LEBIH HEBAT DARINYA !. Begitulah kata hatiku setiap kali mengingat akan hal tersebut. Semangat kemudian menggebu gebu, berkobar bak bara api dalam pembakaran batu bata. Berharap tak akan padam oleh apapun yang menghalanginya. Sekali dua kali mungkin juga selebihnya aku sempat bertanya pada diri sendiri. “Mungkinkah aku mendapat kesempatan yang sama ?,keberuntungan yang sama ?”. Hal yang wajar orang orang tanyakan pastinya. Meskipun ragu pernah menghampiri, aku menepisnya dengan prasangka baik saja. Bahwa apapun yang terjadi nanti, Allah pasti memiliki rencana yang baik. Positive Thinking atas apa yang kuyakini semoga benar benar membuahkan hasil yang baik (Aamiin).

Beberapa hari setelahnya, bapak dan ibu terus bertanya padaku, kelak nantinya akan melanjutkan kemana, memilih jurusan apa, bekerja jadi apa. Aku memang sudah sejak lama merencanakan masa depan. Tapi aku belum mendapatkan kemantapan hari secara utuh. Terkadang juga masih bingung antara iya dan tidak. Ibu bilang, alangkah lebih baik jika aku sholat istikhoroh dahulu sebelum menentukan pilihan. Pasrahkan semuanya pada yang Kuasa, agar lebih yakin. Pilihanku awalnya memihak pada jurusan komunikasi, pendidikan sosiologi, dan psikologi. Tapi ibu tak mengizinkan jika aku memilih pendidikan sosiologi, alasannya karena lapangan pekerjaan dalam bidang tersebut tak begitu luas. Ya sudah aku menurut saja, aku juga masih awam perihal jurusan yang kupilih tersebut. Mungkin dari kelas X aku menyukai pelajaran sosiologi maka aku berminat untuk memperdalam ilmunya. Tapi saran tak ada salahnya kita dengarkan. Aku tinggal mempertahankan prodi komunikasi dan psikologinya untuk mencari tahu lebih banyak informasi. Jujur aku tertarik sekali dengan komunikasi, entah sejak kapan. Keinginan untuk menjadi wartawan, reporter, bagian perfilman,  instasi perusahaan majalah maupun televisi masih menjadi do’a dalam setiap sujudku. Aku juga ingin keliling dunia sembari bekerja. Tapi. Melihat bahwa posisiku sebagai “perempuan” akan menjadi kemungkinan kecil bagi keluargaku mengizinkan hal tersebut.

Banyak orang bilang, “Setinggi tingginya perempuan menuntut ilmu, pasti larinya akan kedapur juga”. Diantara pantas dan tidak pantas tergantung penilaian seseorang akan hak hak perempuan untuk mendapatkan derajat yang sama. Beruntunglah ada R.A Kartini yang telah mengusung emansipasi wanita. Setidaknya pilihan hidup yang dijalani masyarakat setelahnya lebih cerah. Termasuk masa sekarang yang sedang kita jalani. Untuk itu, aku ingin berjuang dulu dengan obsesi yang bergelantungan disetiap mimpi dalam tidurku. Semoga Allah menghendaki apapun yang baik untukku dan bermanfaat bagi masyarakat banyak ( Aamiin).

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates