Minggu, 06 April 2014

My Experience, at "Penjara Suci"


            Bangunan bertingkat bernuansa merah muda. Bak kapal pesiar yang sedang berhenti di pinggiran dermaga. Apalagi jika dilihat pada suasana malam. Tempat ini indahnya bukan main. Namun, satu tahun lebih aku tak berdomisili di sana lagi. Tempat dimana dulu aku menimba ilmu. Kami menyebut tempat ini “Penjara Suci”. Bagaimana bisa tempat yang tergolong bagus ini disebut penjara suci ?. Memang bisa, karena tak semua orang berminat untuk tinggal disana, tantangan yang harus di jalani bisa jadi lebih banyak. Mulai dari jauh dari orang tua, ditambah lagi banyaknya mata pelajaran yang di berikan, lalu ditargetkan untuk menghafalkan Al-Qur’an. Awalnya, mungkin orang – orang yang tak sepaham akan memandang sebelah mata. Tapi jika dirasakan, seharusnya aku bangga. Bangga karena pernah di beri kesempatan menambah pengalaman disana. Tidak mudah memang, karena dulu aku pernah minta pindah saat kelas 1 SMP. Dan pada akhirnya, aku memilih untuk bertahan, karena banyak teman – teman yang menguatkanku untuk tetap tinggal.

3 tahun mondok disini ternyata cukup singkat karena sudah kulewati. Suka duka selama itu kadang membuatku meminta untuk kembali. Ingin rasanya mengulang kenangan – kenangan yang tak terlupakan. Salah satunya mempunyai teman-teman dari berbagai pelosok nusantara, ada yang dari Sulawesi, Sumatra, Papua, Jakarta, Kalimantan, Bali, dan masih banyak lagi. Tapi perbedaan diantara kami bukan berarti menjadikan diskriminasi datang, justru karena hal itu kami menilainya sebagai pelengkap. Aku ingin menceritakan sedikit tentang rutinitas selama di sana. Mulai dari shubuh seperti biasa sholat berjama’ah, disini setiap memasuki waktu sholat harus berjama’ah di mushola asrama, sebelum adzan biasanya ada penghitungan waktu dari 1 – 10 agar semuanya berkumpul di ruangan sholat. Lalu yang terlambat akan di beri iqob ( hukuman ). Kadang kala aku sering di Iqob juga sih, tapi disinilah aku di beri pelajaran tentang kedisiplinan untuk selalu sholat tepat waktu. Setelah itu, ada jadwal tahfidz ( setor hafalan qur’an ). Tapi kebanyakan setelah sholat shubuh langsung balik ke kamar dan langsung antri mandi. 1 kamarnya waktu itu diisi 6 anak, jadi nggak bisa berlama – lama mandinya, kasihan yang dapat antrian terakhir, bisa jadi dia nggak dapet jatah mandi. Kalau mandi sudah kelar, saatnya ambil jatah makan, enak nggak enak tetep harus di makan. Setelah itu langsung berangkat ke sekolah. Nah waktu aku disana, yang akhwat (perempuan)  belum punya gedung sekolah pribadi. Jadi, kami istilahnya mengontrak di SD milik warga yang sudah tidak di pakai. Jarak dari asrama ke sekolah pun tidak dekat. Bisa dibilang lumayan jauh sih, dan itu melewati pemukiman warga dan sawah. Kalau dijalani bebarengan rasa lelah itu kadang nggak terasa, kadang pula harus berlarian biar nggak terlambat dan nggak kena iqob.
Proses belajar mengajar  kurang lebih sampai jam 13.00 WIB. Hampir sekitar 30 mata pelajaran yang diajarkan setiap minggunya, itu sudah termasuk pelajaran umum dan diniyah. Namun yang sering terjadi, masih banyak pelajaran kosong saat KBM. Mungkin dari jarak dan gurunya waktu itu belum banyak. Jadi rasa bosan itu kerap kali datang saat pelajaran kosong, ditambah lagi kami dilarang membawa alat elektronik yang  bisa digunakan sebagai hiburan. Kalau nekat sih ada beberapa yang bawa, cuma.... resikonya di sita dan dibanting kalau ketahuan uztadzah. Alhamdulillah aku belum pernah bawa, karena waktu itu memang belum di belikan ceritanya :D. Lanjut ke topik awal, setelah sekolah usai kami dibebaskan untuk beraktivitas. Tapi masih di lingkungan asrama, biasanya aku pulang sekolah sih nyuci baju. Kalau yang banyak duit dan lagi malas nyuci disediakan laundry.
Sore harinya setiap Sabtu & Minggu ada extra Tapak Suci & Pramuka. Biasanya pada seneng tuh kalau lagi extra, soalnya bisa keluar asrama, meskipun cuma di lapangan atau di sekolah yang ikhwan ( laki- laki ). Terus tapak suci & pramukanya di gabung ikhwan sama akhwat, pada curi – curi pandang deh itu mata. Maklum jaman – jaman anak muda sukanya gini. Lalu kalau setiap malam jum’at ada yang namanya “Muhadhoroh”. Sekilas seperti Inagurasi gitu, tapi ada penampilan ber pidato, mulai dari pidato Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, sama Bahasa Inggris dan ini nggak boleh bawa text, jadinya harus ngehafalin. Gugup banget waktu itu aku dapet jatah pidato bahasa arab, ngehafalinnya lumayan sih, lumayan susah. Trus terakhirnya ditutup dengan Haflah (hiburan) bisa drama, ataupun nyanyi. Tiap minggu yang dapet jatah pidato, haflah, maupun petugas dekorasinya sudah di jadwal. Jadi semua harus merasakan gimana rasanya pidato di depan banyak orang, nampilin haflah, ataupun mendekor ruangan untuk muhadhoroh. 

Kemah akhir tahun di pantai Glagah

                                               Jambore se DIY - Jateng di candi Prambanan

Hiking, pendakian puncak Gunung Ampon

  Ini salah satu contoh, muhadhoroh. Menggunakan property seadanya :)

Yang berbeda disini nggak ada Pelajaran olahraga sama Bahasa Jawa. Karena setiap Jum’at pagi ada olahraga rutin + Mufrodhat (penambahan kosa kata bahasa arab). Kalau pelajaran Bahasa Jawa di tiadakan karena banyak anak yang berasal dari luar jawa dan mungkin belum bisa berbahasa jawa. Setelah 2 tahun disana, akhirnya pas aku kelas 3 SMP, gedung untuk KBM sudah bisa di gunakan. Letaknya hanya di samping asrama, sekitar 3 menit sudah sampai. Kadang kalau KBM lagi kosong, suka pada nakal balik ke kamar, entah tidur atau cuma duduk – duduk. Biasanya pas kelas 3 itu masa nakal – nakalnya, padahal juga mau ujian nasional. Kalau pas kelas 2 harus tertib sama peraturan. Karena waktu itu jadi anggota OSIS, hampir semua peraturan dipasrahkan ke OSIS. Jadi mau nggak mau ya kami harus memberi contoh yang baik sama adik – adik kelasnya. Pernah sih waktu itu aku dan temen – temen kabur ke warnet, jaman – jaman facebook masih rame. Kaburnya rame – rame juga biar nggak takut, dan apesnya tetep ketahuan meskipun udah sembunyi – sembunyi. Akhirnya di sidang sama Sie Keamanan yang SMA, trus di iqob bersihin tempat sampah + kamar mandi. Dan parahnya, tempat sampahnya gede –gede, tingginya hampir 1 meter. Itu, bauknya nggak usah dijabarin rasanya gimana. Tapi karena yang di iqob banyak, kami malah seneng meskipun di lihatin banyak orang dari jendela – jendela kamar. Selebihnya masih banyak pengalaman yang ingin kuceritakan tapi tersimpan di diary sih. Hampir semua anak ahkwat disana pasti punya diary. Isinya biasanya curhatan, keluhan, maupun harapan. 3 tahun disana aku udah namatin hampir 7 diary. Kalau aku baca – baca lagi tuh isi diary kadang ngerasa ilfeel atau suka ketawa sendiri. Yah, maklum anak SMP pemikirannya belum dewasa.
Mungkin ini saja yang bisa ku ceritakan dari secuil pengalaman yang pernah ku lalui, tangannya udah capek ngetik soalnya. Intinnya, mondok itu nyenengin kalau kita emang bener – bener niat. Selain itu juga bisa jadi benteng buat diri kita sendiri. Meskipun kalau di kategorikan, aku belum bener – bener sukses menimba ilmu disana, tapi setidaknya aku bisa mengambil hikmah selama 3 tahun. Kalau aku punya anak, pengen juga sih dipondokin gitu, duh mikirnya kejauhan ya. Semoga tulisanku ini bermanfaat ya, walaupun agak gak mutu.
“Salam damai dari saya, tetaplah menjadi pribadi yang baik dan semakin baik” :)

Ini ada beberapa foto saat si asrama 

                                     Lomba fashion show bebarengan dengan kartini day's



                                     Ini saya dan teman seperjuanganku Salsabila Yasmin


                                                          Pulang dari KBM di Sekolah Jitar


                                                          Setelah ujian praktek di IBS

                                                                           Muntilan, 06 April 2014
                                                       By Fathimah Az-Zahra

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates